Friday, November 28, 2014

Tidak di pungkiri Usaha Kecil Menengah sangat berperan penting dalam menopang ekonomi di negara kita. Bahkan UKM bisa di bilang sebagai "tulang punggung" perekonomian di Indonesia.
 
Usaha kecil menengah (UKM) yang ada di negara kita ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan juga memberikan kesempatan kerja pada banyak masyarakat kita. 
Jadi, bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia akan terus berkembang dan memberikan peluang usaha bagi mereka yang menyukai dunia wirausaha.

Salah satu kendala dalam generasi muda saat ini adalah mereka terlalu menggantungkan masa depan mereka dengan perusahaan asing. Apakah dengan bekerja sebagai kuli pabrik merupakan cita cita mereka? tentu saya rasa tidak. 
Sebagaian dari mereka memang bekerja di perusahaan untuk mencari modal untuk berwirausaha, saya juga pernah setahun bekerja sebagai kuli pabrik untuk mencari modal berwirausaha.

Walaupun dunia usaha di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, tidak sedikit dari antara kita yang kesulitan untuk memilih jenis usaha yang akan digeluti. 
Alasannya beragam, ada yang sulit memulai usaha karena kurangnya modal, kurang pengalaman, tidak punya pengetahuan bisnis, tidak mengerti cara pemasaran bisnis, dan masih banyak lagi kendala lainnya. Tentu saja semua kendala dan tantangan ini tidak membuat kita berhenti berusaha dalam membangun bisnis sendiri, karena setiap usaha memang akan selalu punya tantangan tersendiri yang harus dilalui.
Nah bagi Anda yang ingin memulai usaha sendiri, berikut ini kami rangkum beberapa bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang cukup menjanjikan, bahkan diantaranya bisa kita jalankan dengan modal yang kecil. 
 1. Bisnis UKM di bidang kuliner
Bisnis ini akan selalu menjadi bisnis yang laris sepanjang masa, karena setiap oang pasti membuthkan makanan, tidak ada orang yang tidak makan setiap harinya.
Bisnis kuliner sendiri di bagi ke dalam beberapa kategori antara lain :
  • Makanan ringan (camilan)
  • Minuman
  • Makanan pokok
Dalam kategori bisnis kuliner (camilan, minuman, dan makanan pokok) mempunyai potensi yang sama bagusnya, tergantung bagaimana anda memasarkanya dan pemilihan tempat yang strategis untuk memulai bisnis kuliner ini memang sangat di butuhkan.

2. Bisnis UKM di bidang Fashion (pakaian)

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi kita, ini akan mempermudah anda dalam berwirausaha. Alasanya sangat sederhana, setiap orang memiliki selera mereka sendiri sendiri.

Bisnis fashion memiliki banyak sekali kategori yang bisa dimanfaatkan, misalnya kategori pakaian pria atau wanita, pakaian muslim, pakaian model korea, sepatu dan masih banyak lagi.
Yang menarik dari bisnis fashion saat ini adalah, kita bisa bisa memiliki bisnis fashion dengan modal yang sangat minim namun potensi keuntungannya cukup menggiurkan. Banyaknya suplier fashion yang menawarkan sistem penjualan dengan cara reseller ataupun dropship, sehingga kita cukup mengeluarkan modal yang relatif kecil untuk memulai bisnis ini.
3. Bisnis UKM di bidang Otomotif
Salah satu usaha yang sangat pesat perkembanganya adalah bisnis otomotif. Bayngkan jumlah motor atau mobil yang ada di Indonesia saat ini, dengan berbagai brand dan jenis. Memulai bisnis otomotif tidak selalu harus besar, asalkan ada penghasilan menguntungkan utntuk jangka panjang.
 Beberapa usaha yang dapat di manfaatkan dalam bisnis otomotif adalah :
  • Jasa bengkel dan spare part
  • Jasa cuci mobil / motor
  •  Menjual suku cadang kendaraan dan perlengkapan lain seperti Helm, dll.
4. Bisnis UKM di bidang Agrobisnis

Indonesia sudah terkenal sekali hampir ke seluruh dunia karena kesuburan tanahnya. Bahkan pada jaman dulu Indonesia menjadi pusat perdagangan dunia dengan kekayaan rempah rempahnya.
Kebutuhan akan protein nabati memang tidak di pungkiri lagi, terutama Indonesia dengan populasi penduduk terbesar ke 4 di dunia. Bahkan jika anda jeli memanfaatkan Agrobisnis ini anda bisa mengexpor ke luar negri.

Agrobisnis yang lain adalah peternakan dan budidaya ikan. Memang tidak mudah dalam menjalankan bisnis ini, saya sendiri sudah 2 tahun terahir menggeluti usaha burung puyuh dan budidaya ikan dengan ayah saya, bahkan modal awalnya hanya nekat saja, saya merantau ke luar kota untuk mencari modal selama satu tahun untuk bekerja di pabrik spare part motor.
Setelah modal terkumpul saya memulai dengan bisnis budidaya ikan karena ayah saya yang memang tahu banyak tentang perikanan sangat membantu saya dan memberikan banyak pelajaran dalam dunia bisnis.


5. Bisnis di bidang Internet

Bukan rahasia lagi jika Internet memberikan banyak sekali peluang usaha bagi kita, saran saya tutup Facebook anda dan mulailah memikirkan sesuatu sebagai tambahan anda.

Sebagai contoh dengan membuat toko online dengan sistem reseller karena kita tidak memerlukan modal yang besar. contoh lain adalah dengan menjual atau mempromosikan produk virtual.
Saya sendiri sudah pernh melakukan keduanya, dan alhamdulillah hasil yang saya dapatkan dalam sebulan hampir 10x bayaran UMR saya dulu di pabrik pada tahun 2013.
Tapi kedua bisnis online ini telah saya tinggalkan dan sekarang hanya fokus di Argobisnis.

Sayangnya para generasi muda saat ini tidak terlalu tertarik dengan dunia bisnis,kebanyakan yang mereka pikirkan adalah pacar, facebook, nongkrong, malam minggu dan bagaimana cara agar pacarnya tidak hamil.

Bahkan temen saya di SMK dulu tinggal 10 orang yang belum menikah dan semuanya adalah pebisnis yang sudah sukses sebagai pebisnis muda. Dan 30 yang lainya adalah orang yang menyesal karena ulahnya sendiri.

Demikian artikel tentang 5 jenis bisnis  Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjanjikan + Beberapa kalimat curhatan dari saya semoga dapat memberi anda gambaran untuk memilih dan memulai bisnis anda.
Jika anda mempunyai bisnis lain silahkan tulis di komentar dan saya akan menulis pengalaman anda untuk menjadi artikel saya selanjutnya. Trimakasih :)



0 comments:

Post a Comment