Thursday, December 11, 2014

Menghadapi UN - Adalah mimpi buruk bagi hampir semua pelajar kecuali mereka yang pintar dan mereka yang sudah pasrah.
Bagi murid / siswa yang pintar, UN bukanlah suatu masalah berarti karena siswa yang pintar dan giat belajar akan sangat mudah menyelesaikan soal soal UN, begitupun siswa yang sudah pasrah, apapun hasil yang di dapat di UN mereka tidak memperdulikanya. Peace


Tapi bagi siswa yang kurang pintar dan tidak pasrah UN akan menjadi sebuah dilema dan mimpi buruk. Saya sendiri pernah merasakanya pada tahun 2012 lalu waktu UN di SMK abal abal. Kenapa abal abal? karena saya mau kuliah ijasah SMK saya tidak bisa untuk melanjutkan kuliah dengan berbagai macam alasan. Saya tidak akan menyebutkan nama SMK saya di sini.

Berbagai cara dan upaya pasti akan anda lakukan untuk mendapat nilai yang baik. Baik itu dengan cara tidak wajar, maupun belajar. Asalkan anda mendapat nilai baik misalkan target nilai anda minimal adalah 7.0 maka berusahalah untuk mendapatkanya. Karena untuk lulusan SMA / SMK saat ini untuk mendapatkan pekerjaan sangat sulit, saya saja masih menganggur di rumah.
Tapi di bayar. hehehe
Lho ko di bayar? siapa yang membayar mas? "ada deh, rahasia".

Nah, Keep fokus untuk UN kalian. Hal hal apa saja yang harus di lakukan untuk mendapatkan nilai bagus dalam UN? simak cara cara berikut untuk membantu anda dalam menghadapi UN :

1. Belajar Kelompok
Belajar kelompok adalah salah satu cara yang tepat untuk menghadapi UN, belajarlah bersama dan matikan HP anda selama belajar, karena kebanyakan anak SMA jaman sekarang tidak melihat dan menulis buku. Tapi cenderung melihat Facebook dan Menulis status.

Ajaklah teman kalian yang kalian anggap pintar, jika anda mengalami kesulitan anda dapat bertanya, tapi biasanya teman saya yang pintar itu sombong mas, gimana?
Ancam saja dia, doakan untuk tidak lulus, wkwkwk
Trik ini selalu berhasil saya lakukan kepada teman teman saya yang pitar dulu.

2. Belajarlah dengan tidak terpaksa
Hal yang membosankan adalah belajar, maka untuk menghindari suasana belajar yang membosankan maka lakukan cara belajar yang berbeda, misalkan dengan kuis.

Misalkan jika teman kita tidak bisa menjawab pertanyaan kita maka contreng mukanya. Selain tidak membosankan tentunya secara tidak sadar anda akan lebih serius dalam belajar.

3. Ber doa
Hal yang paling penting adalah ber doa. Dengan ber doa maka pikiran kita akan menjadi lebih tenang dan fokus.


Nah, di samping 3 hal hal yang harus anda lakukan sebelum menghadapi ujian, simak juga persiapan persiapan yang harus di lakukan sehari sebelum ujian di mulai, yang ini cuma bercanda jangan terlalu serius membacanya :
1. Pastikan anda belajar
Belajarlah dengan mata pelajaran yang akan di ujikan ke esokan harinya, misalkan besok UN Matematika jadi jangan belajar Olahraga / Bahasa jawa. hahahaha

2. Bawa pensil 2B
Jangan bawa pulpen untuk mengisi jawaban soal yah, hehehe

3. Isikan nama asli anda

Jangan isi lembar jawaban UN dengan nama FB kalian yah, 90% pengguna Facebook SMA / SMK tidak menggunakan nama asli atau menggunakan nama "Alay".
Contoh : Mamazz eank clallu cyank adhe, Ciie ceue mandjah, dll.

4. Sebelum masuk ruangan cium tangan pengawas
Sebaiknya cium tangan dulu sebelum masuk ruangan, siapa tau anda akan di kasihani oleh pengawas.

5. Jangan lupa pake sragam sekolah
Jangan jangan karena anda gugup bangun tidur langsung ke sekolahan, tidak pakai baju sekolah. Sama seperti saya waktu pertama masuk SD.

6. Makan dulu sebelum UN
Mengerjakan soal dengan perut kosong mana bisa konsen.

7. Jika menemui soal susah sebaiknya tidur
Dengan tidur siapa tau anda akan mendapatkan pencerahan / mimpi, hhaahaha
Jika tidur belum bisa memberi jawaban, biarkan waktu yang menjawabnya.

8. Berangkat 1 jam sebelum UN di mulai
Berangkatlah rada pagi, jangan terlalu mepet, misalkan 5 menit sebelum UN. Karena dengan berangkat pagi siapa tau kita dapat info bocoran soal dari temen,hahaha
Ingat, jangan percaya bocoran soal begitu saja, biasanya bocoran soal hanya di berikan separuh dari keseluruhan soal. contoh soal 50 maka bocoran soal 20, itu dulu tp kalau sekarang saya tidak tau ada atau tidak.

Nah, hanya itu saja yang dapat saya rangkum mengenai "Tips Jitu Menghadapi UN" semoga bermanfaat untuk adik adik semua.


0 comments:

Post a Comment